Cara Budidaya Ikan Molly Lengkap untuk pemula

Tutorial budidaya ikan molly

Infohidroponik.com - Mollinesia Sphenops atau ikan molly merupakan jenis ikan hias air tawar yang memiliki bentuk fisik yang unik. Jenis ikan yang memiliki panjang maksimal 12 cm ini identik dengan ragam corak yang berwarna hitam di beberapa titik tubuhnya. Ikan yang bersifat omnivora ini tak hanya memiliki bentuk yang lucu dan imut saja namun juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dari pada jenis ikan hias air tawar lainnya. Tak hanya itu saja, ikan molly ini selain mampu beradaptasi dengan cepat terhadap lingkungan barunya, juga perawatannya sangat mudah dan tak membutuhkan biaya ekstra.

Bagi para kolektor ikan hias, budidaya ikan molly ini merupakan suatu kewajiban. Pasalnya berkat bentuknya yang mungil dan indah serta perawatan ikan molly yang mudah membuatnya banyak digandrungi sebagai ikan hias yang wajib Anda di kolam atau di aquarium. Tetapi meski budidaya ikan molly cukup mudah tak jarang banyak sekali yang masih gagal dalam membudidayakan ikan hias ini.

Bukan hanya sekedar menuruti hasrat untuk menyalurkan hobi semata, tapi sebagian orang justru peluang membudidayakan ikan molly ini menjadi sebuah ladang bisnis yang menjanjikan sekaligus menguntungkan. Nah bagi Anda yang hendak memulai bisnis budidaya ikan molly, alangkah lebih baiknya jikalau perbanyak ilmu serta memperhatikan cara membudidayakan ikan molly.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi info terkait cara memelihara ikan molly dengan mudah yang mungkin dapat Anda coba terapkan di rumah. Tak perlu berlama-lama langsung saja inilah trik jitu membudidayakan ikan molly dengan baik untuk pemula yang baru pertamakalinya ingin memeliharanya.

Kiat sukses membudidayakan ikan molly


1. Media Budidaya ikan molly


Langkah memelihara ikan molly yang baik dan benar yang pertama adalah pemilihan media yang akan digunakan untuk membudidayakan ikan molly. Pastikan lokasi yang Anda pilih untuk membudidayakan ikan molly ini bisa dengan mudah untuk dipantau. Hal ini tak lain dan bukan adalah untuk memastikan tumbuh kembang sekaligus memudahkan Anda untuk melakukan perawatannya.

Ada beberapa referensi media yang dapat Anda jadikan sebagai lahan budidaya ikan molly ini. Seperti misalnya kolam kecil dengan sanitasi atau pengairan air yang baik sekaligus mudah untuk dikontrol.

Namun apabila Anda tak memiliki lahan yang cukup untuk membuat kolam, barangkali aquarium akan menjadi pilihan media budidaya ikan molly yang paling efektif untuk diterapkan. Keberadaan aquarium ini selain menghemat tempat tentunya juga dapat dijadikan sebagai sarana penghias ruangan, sebab ikan molly termasuk kedalam jenis ikan hias.

2. Benih ikan molly


Cara membudidayakan ikan molly selanjutnya adalah pemijahan benih ikan molly. Pastikan bahwa indukan ikan molly yang Anda pilih memiliki warna yang hitam pekat atau hitam arang dengan usia minimal 6 bulan. Anda bisa melakukan proses pemijahan ini dengan menggunakan ember besar atau aquarium dengan Ph 7-12 serta suhu mencapai 25-27 derajat celcius. Tunggu beberapa saat hingga media pemijahan terpenuhi dengan bibit ikan molly

3. Pemindahan benih ikan molly


Pemindahan benih ikan molly dalam media pemeliharaan yang telah disiapkan sebelumnya merupakan langkah membudidayakan ikan molly yang paling sulit. Pasalnya pada tahapan ini biasanya indukan ikan molly akan berubah sifat menjadi kanibal dan memakan anaknya sendiri.

Sehingga supaya jumlah pemijahan benih ikan molly Anda harus memindahkan indukan ikan molly terlebih dahulu ketempat pemeliharaan lainnya. Selain itu Anda juga bisa menggunakan alat khusus untuk mengambil anakan ikan molly untuk dipindahkan ke kolam pemeliharaan supaya tak dimakan oleh induknya.

4. Perawatan Ikan Molly


Salah satu daya tarik banyak orang untuk memelihara ikan hias jenis ini adalah perawatannya yang mudah. Anda tak perlu repot-repot melakukan perawatan khusus untuk mendukung tumbuh kembangnya, pasalnya Anda hanya perlu memberinya makan secara rutin serta menjaga kebersihan media budidayanya dari hama dan penyakit ikan.

Biasanya setelah benih berumur 5 hari makanan yang diberikan berupa kutu air yang telah disaring. Setelah ukurannya mencapai 2 hingga 3 cm Anda sudah bisa memberinya pakan ikan dengan komposisi nutrisi yang lengkap.

Bagaimana mudah sekali bukan menerapkan langkah membudidayakan ikan molly tersebut diatas? Tentunya setelah membaca artikel diatas tidak ada alasan lagi Anda mengalami kesulitan ketika melakukan pemeliharaan ikan satu ini.

Baca juga: Tips Menanam Hidroponik dengan Botol Bekas

Demikianlah penjelasan mengenai cara memelihara ikan molly yang baik dan benar tanpa repot yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa untuk selalu mengontrol kebersihan sekaligus memilih indukan ikan molly sesuai dengan jenisnya supaya hasil panen Anda akan maksimal. Selamat mencoba dan jangan lupa share apabila bermanfaat.

Labels: Ikan molly

Thanks for reading Cara Budidaya Ikan Molly Lengkap untuk pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Molly Lengkap untuk pemula"

IBX5B541374C2734